PARANG KENCANA

PARANG KENCANA

Motif Nusantara Kategori motif Jawa Dwipa, salah satunya adalah PARANG KENCANA. Berikut Filosofi nya :

PARANG KENCANA

Batik Parang termasuk motif batik paling populer, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu motif batik tertua di Indonesia. Diperkirakan motif ini sudah ada sejak masa kerajaan Mataram Kuno di Kartasura (Solo). Parang berasal dari kata Pereng yang artinya lereng. Kata ini menjelaskan motif Parang yang berupa figur ornamen saling menyambung dan menurun seperti lereng. Bentuk ini melambangkan semangat yang tak pernah putus dalam upaya memperbaiki diri dan memperjuangkan cita-cita luhur.

Awalnya motif Parang hanya digunakan di kalangan keraton saja. Namun seiring waktu, motif Parang mulai digunakan masyarakat umum. Sudah banyak produk selain batik yang menggunakan motif Parang. Kini terdapat beragam jenis motif Parang, salah satunya Parang Kencana.

Motif Parang Kencana dalam wujud tegel dapat menghadirkan suasana ruang yang unik, dinamis, dan bernuansa etnik. Selain lantai, motif ini juga dapat berfungsi sebagai backdrop atau aksen dinding. Anda dapat mengubah warna motif ini agar mampu menjadi penyemangat diri.

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart