LURIK LINGSIR

LURIK LINGSIR

LURIK LINGSIR

Lurik merupakan kain tenun klasik asli tanah Jawa. Motifnya yang sederhana, simpel, dan minimalis sering digunakan dalam desain aneka busana. Rasanya siapa pun pasti sudah akrab dengan motif garis-garis khas lurik.

Lurik berasal dari bahasa Jawa: Lorek, yang berarti corak garis. Motif lurik konon sudah ada sejak masa kerajaan kuno. Salah satu relief di candi Borobudur menampilkan kegiatan menenun lurik. Motif kain lurik, Tuluh Watu, bahkan disebut pada prasasti Airlangga, tahun 1033, di Jawa Timur.

Awalnya Lurik hanya dikenakan masyarakat pedesaan. Namun perkembangannya kalangan keraton juga ikut memakai Lurik. Beberapa desainer, acap kali memasukan unsur Lurik dalam rancangan busana mereka. Motif Lurik pun semakin populer dan tampil dengan ragam kreasi.

Pada tegel lantai, motif Lurik dapat memunculkan kesan minimalis namun tegas dan dinamis. Permainan motif garis Lurik dimodifikasi selang-seling dan menyilang agar tampilannya tak monoton. Selain untuk lantai, tegel atau ubin bermotif Lurik, juga dapat diaplikasikan pada dinding atau backsplash kitchen set.

 

 

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart