MOTIF RANGRANG BALI

MOTIF RANGRANG BALI

Motif Bali

RANGRANG

Tenun Rangrang merupakan kain tenun khas buatan warga pulau Nusa Penida, Bali. Menurut sejarahnya, tenun Rangrang pada masa lampau hanya digunakan dalam upacara keagamaan. Di tempat asalnya, kain Rangrang juga disebut kain Cepuk.

Ciri khas kain Rangrang adalah terdapat lubang-lubang kecil akibat proses menenun. Kepiawaian para perajin Nusa Penida diwariskan turun-temurun dari leluhur mereka. Konon, keahlian itu juga menyebar sampai ke Pulau Lombok. Inilah sebabnya, motif Rangrang juga dapat dijumpai di Pulau Lombok.

Kini motif Rangrang sudah banyak dipakai pada aneka produk. Di Nusa Penida dan Lombok, motif Rangrang terlihat serupa. Yakni motif geometris mirip wajik yang tersusun berjajar. Motif ini seolah melukiskan kondisi setempat yang merupakan daerah perbukitan dan pegunungan. Motif zigzag dengan warna-warna segar juga melambangkan karakter sederhana dan dinamis.

Kesan itu pula yang akan muncul bila motif Rangrang diwujudkan dalam motif tegel. Suasana ruangan pun akan terkesan unik, dinamis, dan segar.

 

 

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart