MOTIF PINTO ACEH

MOTIF PINTO ACEH

Motif Nangroe Aceh Darussalam
PINTO ACEH

Pinto Aceh bisa disebut sebagai motif kebanggaan masyarakat Nangroe Aceh Darussalam. Motif yang awalnya diterapkan untuk perhiasan itu, telah banyak mengilhami desain aneka produk. Ketenarannya bahkan sudah tampak saat motif indah ini lahir.

Syahdan, menurut beberapa literatur, motif Pinto Aceh tampil perdana pada sebuah perhelatan akbar di Kutaraja (Banda Aceh) tahun 1930an. Adalah seorang perajin emas asal Blang Oi bernama Utoh Mud yang menciptakannya. Ia terinspirasi bentuk gerbang pada monumen peninggalan Sultan Iskandar Muda bernama Pinto Khob.

Monumen yang terletak di tepi Krueng (sungai) Daroy itu, konon merupakan area pintu belakang istana Aceh. Utoh Mud menggubah bentuk gerbangnya menjadi perhiasan bros dan liontin yang dinamai Pinto Aceh.
Karyanya mendapat sambutan luas hingga mahsyur ke manca negara. Selanjutnya, motif Pinto Aceh semakin terkenal dan banyak digunakan dalam aneka karya kerajinan, baik logam, kertas, maupun tekstil. Dengan penuh hormat dan kekaguman, kini Pinto Aceh kami terapkan dalam desain motif tegel.

 

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart