7 HAL YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM MEMAKAI TEGEL

7 HAL YANG WAJIB DIKETAHUI SEBELUM MEMAKAI TEGEL

7 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Memakai  Tegel

Tegel adalah bahan lantai yang terbuat dari semen. Bentuk, motif, dan coraknya unik. Banyak sobat Panjen yang sudah akrab sama material ini. Namun tidak sedikit yang masih menyimpan tanya, seperti apa tegel itu ? sebelum memutuskan memakai tegel, ada baiknya menyimak panduan ini dulu.

  1. Kerajinan tangan yang dibuat satu per satu.

Seluruh proses pembutan tegel dikerjakan manual. Pengeringannya pun mengandalkan kebaikan alam. Inilah penyebab pekerjaan tegel sampai jadi memerlukan waktu lama.

  1. Gambar motif yang bisa tidak presisi.

Sepintas motif tegel terlihat seragam. Tapi coba lihat dari dekat, akan ketahuan kalau gambarnya handmade. Ini justru daya tariknya. Gambar tegel sangat human,  kira – kira seperti batik tulis.

  1. Keunikan warnanya yang mungkin tidak selalu sama.

Proses gambar yang water base membuat warna tegel mungkin berbeda secara gradasi pada setiap keping, bahkan bisa dalam satu keeping. Kira – kira seperti kuasan cat air. Ada warna tebel, ada juga tipisnya.

  1. Terkadang muncul semburat seperti kabut.

Hal ini terjadi lantaran proses pengeringan alami dimana sebagaian permukaan tegel lebih cepat kering disbanding yang lain. Kadang semburat yang muncul bisa menyerupai rambut.

  1. Pemasangan tegel harus telaten.

Seperti ciri kerajinan handmade lain, ukuran produk tegel mungkin tidak presisi. Saat pasang, tukang harus mengidentifikasi motifnya supaya saling menyambung dan menjaga nat supaya sama.

  1. Tegel wajib poles.

Setelah terpasang tegel sebaiknya dipoles agar bersih dan gilap. Jangan diselep atau dikupas permukaannya. Hati – hati terhadap cara poles yang hanya memulas coating permukaan tegel. Metode ini hanya sementara dan cenderung bisa memburamkan warna.

  1. Perawatan menjamin keawetan tegel.

Untuk tegel di dalam ruangan perawatan tegel cukup dipel berkala. Perlu diingat, tegel sebenarnya untuk ruang dalam. Bisa untuk outdoor  seperti teras atau carport. Tentu saja perawatannya harus ekstra Karen area terbuka akan lebih banyak terkena debu.

 

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart