TIPS PASANG TEGEL UNTUK KAMAR MANDI

TIPS PASANG TEGEL UNTUK KAMAR MANDI

Tegel motif bisa dipakai di kamar mandi, warna dan coraknya bisa membuat semangat untuk mandi. Nah, untuk anda yang akan membuat, renovasi, atau mempunyai rencana makeover kamar mandi memakai tegel, berikut tipsnya.

  • Sebaiknya hindari memasang tegel pada area basah. Kecuali siap ekstra sering dibersihkan bekas sabun. Belum lagi resiko licin dan flek sisa sabun yang terlanjur menempel. Pasang di dinding belakang shower atau backsplash wastafel masih aman.
  • Kalau memang ingin pasang di area basah, buat kemiringan lantai yang cukup ke arah floor drain. Dari titik tertinggi di area basah minimal turun 1 cm setiap panjang 1 meter. Lebih sedikit tidak masalah, malah membuat air cepat mengalir. Bila perlu, terutama untuk kamar mandi di lantai atas, bisa diberi waterproof dulu pada dak beton agar kedap air sebelum pemasangan tegel.
  • Ketika mengisi nat, gunakan grouting cair dahulu karena ukuran tegel yang tebal. Grouting bisa dibuat dari campuran semen dan mil yang diencerkan. Pulas dan arahkan adonan ke sela – sela tegel. Setelah hampir penuh lanjutkan dengan grouting yang sewarna tegel. Pastikan nat terisi penuh supaya nanti tidak merembes.
  • Bilas lantai kamar mandi setelah dipakai supaya sisa sabun cepat hilang. Lantai menjadi lebih licin karena sisa genangan air. Hati – hati, jangan sampai tegel terkena pembersih seperti vixal, prostex, bayclin, wipol, dan pembersih keras lainnya karena justru akan meninggalkan noda.

 

Close Menu
Hubungi Agen Kami
Yogyakarta
Jakarta
×
×

Cart